tips membuat artikel seo friendly

Cara Mudah Membuat / Menulis Artikel SEO Friendly - Mampu bersaing di mesin pencarian adalah impian semua blogger, tidak hanya di Google saja, tetapi di seluruh mesin pencarian seperti bing, yahoo, yandex, dan yang terbaru duckduckgo.

Untuk mampu bersaing di seluruh mesin pencarian di atas, anda perlu membuat postingan yang SEO Friendly dan Human Friendly. Mengapa saya memasukkan kata Human Friendly? Ya karena untuk mampu bersaing di mesin pencarian anda memerlukan artikel yang bersahabat dengan pembaca, itulah yang disebut human friendly.

Seberapa penting sih SEO untuk artikel? Jawabannya sangat penting. Bayangkan saja jika artikel yang anda buat tidak SEO, sudah bisa dipastikan blog anda akan sepi pengunjung dan kalah bersaing di mesin pencarian. Untuk itu anda perlu beberapa tips membuat dan menulis artikel yang SEO Friendly.

Tips Membuat / Menulis Artikel SEO di Blog

Simak dan terapkan beberapa tips di bawah ini agar artikel anda bisa nongkrong di page one.

1. Melakukan Riset Keyword

Riset keyword atau riset kata kunci adalah langkah penting sebelum anda membuat postingan. Riset keyword bisa diartikan sebagai teknik membaca peluang agar blog bisa berada di halaman pertama mesin pencarian.

Singkat mengenai riset keyword. Tips pertama ini bekerja dengan cara mencari beberapa kata kunci yang banyak di cari agar sebuah artikel bisa membaca peluang untuk berada di page one.

Tips melakukan riset keyword adalah cari kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi namun kecil persaingan.

2. Buat Judul yang Menarik

Tips kedua ini lebih terfokus ke pengunjung, dengan membuat judul yang menarik minat pembaca, tentunya anda akan mendapatkan viewers sedikit demi sedikit.

Berikut contoh judul yang biasa :

"Cara membuat blog terbaru"

Dengan judul di atas tentu pengunjung sudah biasa melihat judul standard seperti itu.

Berikut contoh judul yang menarik :

"Wajib Baca!!! Cara mudah membuat Blog untuk pemula"

Tanpa di sadari dengan membuat judul kalimat yang seperti itu maka akan menarik minat pembaca untuk membuka blog anda.

3. Membuat Struktur Artikel

Sebelum menulis artikel pastikan anda membuat struktur nya terlebih dahulu, guna membantu anda mengembangkan tulisan. Sesuai pengalaman saya, jika tidak membuat struktur template anda akan kesulitan menulis artikel dan bisa mengakibatkan lupa apa yang akan di ketik.

Struktur artikel bisa di artikan komponen komponen terpenting dalam pembahasan, atau inti ke inti artikel. Seperti pertama pembuka  pengertian, isi, penutup dan lain lain.

4. Pasang Keyword yang Tepat

Tempatkan keyword di tempat yang strategis, maksud dari kata strategis ialah penempatan keyword yang sesuai akidah SEO.

Berikut tempat keyword yang tepat.

  1. Awal kata, Paragraf utama (berguna sebagai pengganti deskripsi penulusuran jika deskripsi yang dibuat tidak terdetek mesin pencarian.
  2. Tengah Artikel
  3. Akhir Artikel
  4. Url/Link Blog (Bisa anda setting di bagian permalink)
  5. Yang terakhir di bagian deskripsi penelusuran (deskripsi penelusuran artikel akan terbuka jika diaktifkan)

5. Buat Artikel Panjang

Saran selanjutnya adalah membuat artikel yang panjang lebih di rekomendasikan diatas 300 kata. Bagus lagi jika setiap postingan blog bisa 1000 kata bahkan lebih.

Maksud membuat artikel panjang, bukan berarti harus mengulang ulang kata atau kalimat, tetapi membuat artikel yang lengkap agar pembaca bisa puas berlama lama di blog anda.

6. Pasang Beberapa tag penting

Ini merupakan tips yang menjadi elemen penting dalam artikel SEO, berikut beberapa maksud dari kode kode di atas.

  • H1 = Judul Artikel
  • H2 = Judul
  • H3 = Subjudul
  • H4 = Judul Kecil
  • P = Paragraf
  • br = Text Normal / Spasi

7. Pasang Deskripsi Gambar

Tips SEO ketujuh terletak di bagian gambar. Sebelum anda memasang deskripsi gambar, pastikan judul gambar yang ingin anda post sudah di edit sesuai keyword jangan sampai masih berjudul seperti IMG0261917 atau Screenshoot01822726. 

Jika sudah di ubah sesuai keyword. Langkah selanjutnya memasang deskripsi gambar. Silahkan isi Title dengan deskripsi gambar dan Alt dengan keyword gambar.

8. Pasang Tanda Tangan di Artikel

Tips terakhir adalah memasang tanda tangan di artikel. Tips ini berfungsi untuk menghindari para kopaser (orang yang mencopy paste) dan AGC (Auto Generate Content). 

Silahkan anda pasang tanda tangan di akhir artikel. Tanda tangan bisa dibuat seperti link blog anda. Contohnya seperti yang terpasang di akhir artikel ini.

Saya rasa dengan 8 tips cara membuat dan menulis artikel SEO di atas, anda sudah mampu mengembangkan blog anda lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan dari artikel ini adalah perbanyak pengetahuan dan perdalam ilmu blog anda agar anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, satu lagi, jangan lupa berbagi sedikit ilmu kepada orang yang membutuhkan. 

Bisa jadi bagi kita itu hanya sedikit ilmu, namun berbeda dengan orang yang kita beri ilmu, itu bisa jadi sumber ilmu yang sangat berguba bagi dia.